6 Sep 2023

FAMILY GATHERING PT PANATA BAYU NUGRAHA





 

FAMILY GATHERIN ADALAH

Family gathering adalah serangkaian kegiatan yang biasanya diadakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi dengan tujuan untuk mempererat hubungan antara karyawan dengan karyawan beserta seluruh keluarganya12. Dalam kegiatan ini, karyawan yang telah berkeluarga biasanya akan turut serta mengajak anak dan pasangan mereka12.

Kegiatan ini bisa berupa makan bersama, bermain permainan, atau berkumpul untuk berbagi cerita3. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesempatan bagi anggota keluarga untuk bersilaturahmi dan saling mengenal satu sama lain lebih dekat3. Selain itu, family gathering juga bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik antar anggota keluarga3.

Family gathering juga memiliki beberapa manfaat, seperti mempererat hubungan kekeluargaan antar karyawan perusahaan, membangun tim yang solid, dan menjadi ajang refreshing bagi karyawan1.


Apa manfaat lain dari family gathering?

Family gathering memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

  1. Mempererat Hubungan Kekeluargaan Antar Karyawan Perusahaan: Family gathering dapat mempererat hubungan antara karyawan satu dengan yang lainnya baik dalam satu tim maupun antara divisi satu dengan divisi yang lainnya1.

  2. Membangun Tim yang Solid: Family gathering dapat memutuskan ketidakharmonisan antar divisi dan membantu membangun tim yang solid1.

  3. Ajang Refreshing: Kegiatan family gathering yang diisi dengan berbagai macam permainan seru dan menyenangkan akan menghilangkan rasa penat karyawan terhadap beban kerja1.

  4. Meningkatkan Kedekatan Karyawan: Family gathering dapat meningkatkan hubungan antar karyawan menjadi lebih dekat2.

  5. Memperbaiki Keharmonisan Hubungan Karyawan: Family gathering dapat membantu memperbaiki hubungan antar karyawan yang mungkin kurang harmonis2.

  6. Memfasilitasi Keluarga untuk Liburan Bersama: Family gathering memberikan kesempatan bagi keluarga karyawan untuk menghabiskan waktu bersama2.

  7. Menyegarkan Pikiran: Family gathering dapat menjadi jalan untuk menyegarkan pikiran, sama saja dengan liburan pada umumnya2.

  8. Meningkatkan Produktivitas: Setelah berlibur, otak akan terasa lebih segar untuk bekerja kembali, dibandingkan kondisi sebelumnya yang terasa suntuk dan penat2.

  9. Menciptakan Tim yang Kompak: Family gathering dapat membantu menciptakan tim yang kompak2.


Bagaimana cara mengadakan family gathering yang baik?

Berikut adalah beberapa tips untuk mengadakan family gathering yang baik:

  1. Menentukan Konsep Acara: Anda harus lebih dulu menentukan tujuan atau dalam rangka apa dilakukannya family gathering tersebut. Seperti acara hari ulang tahun, merayakan kesuksesan, atau acara lainnya. Setelah itu, Anda bisa menentukan tema secara luas1.

  2. Pilih Pembawa Acara yang Berpengalaman: Agenda akan berjalan dengan seru jika dibawakan oleh orang yang sudah berpengalaman1.

  3. Menentukan Lokasi Acara yang Tepat: Tempat acara haruslah mampu untuk melepas penat, dan nyaman untuk kegiatan bersama1.

  4. Siapkan Menjadi Beberapa Kelompok: Dalam agenda ini menjadi momen paling tepat untuk membangun kekeluargaan setiap peserta1.

  5. Siapkan Permainan yang Seru: Banyak sekali jenis permainan yang biasa digunakan dalam acara family gathering1.

  6. Buat Rundown Acara dengan Teratur: Susunan acara gathering harus diatur dengan rapi, dan memperhatikan waktu dengan baik1.

Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam mengadakan family gathering yang sukses! 😊


Apakah ada contoh kegiatan dalam family gathering?

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan dalam acara family gathering:

  1. Pembukaan dan Sambutan: Ini adalah waktu di mana ketua panitia atau pemilik perusahaan memberikan kata sambutan untuk membuka acara1.

  2. Ice Breaking Games: Permainan pembuka yang dirancang untuk memecahkan suasana dan membuat peserta merasa lebih nyaman satu sama lain2.

  3. Sesi Sharing Pengalaman Keluarga: Ini adalah waktu di mana anggota keluarga dapat berbagi pengalaman mereka2.

  4. Makan Siang Bersama: Waktu untuk menikmati makanan bersama2.

  5. Games Keluarga: Berbagai permainan yang melibatkan semua anggota keluarga2.

  6. Acara Bebas: Waktu bebas untuk peserta melakukan apa yang mereka inginkan2.

  7. Penutup dan Foto Bersama: Acara ditutup dengan sesi foto bersama2.

  8. Outbound: Kegiatan di luar ruangan yang melibatkan fisik dan kerjasama tim3.

  9. Live Music: Penampilan musik live untuk menghibur peserta3.

  10. Perjalanan Wisata Bersama: Jika lokasi dan waktu memungkinkan, perjalanan wisata bisa menjadi bagian dari acara3.

Semoga ini bisa membantu Anda dalam merencanakan kegiatan family gathering Anda! 😊


Bagaimana cara membuat acara yang menyenangkan untuk anak-anak?

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat acara yang menyenangkan untuk anak-anak:

  1. Menentukan Konsep Acara: Anda harus lebih dulu menentukan tujuan atau dalam rangka apa dilakukannya acara tersebut. Seperti acara hari ulang tahun, merayakan kesuksesan, atau acara lainnya1.

  2. Pilih Pembawa Acara yang Berpengalaman: Agenda akan berjalan dengan seru jika dibawakan oleh orang yang sudah berpengalaman1.

  3. Menentukan Lokasi Acara yang Tepat: Tempat acara haruslah mampu untuk melepas penat, dan nyaman untuk kegiatan bersama1.

  4. Siapkan Menjadi Beberapa Kelompok: Dalam agenda ini menjadi momen paling tepat untuk membangun kekeluargaan setiap peserta1.

  5. Siapkan Permainan yang Seru: Banyak sekali jenis permainan yang biasa digunakan dalam acara1. Untuk anak-anak prasekolah, mulailah dengan permainan dasar yang membantunya mempelajari hewan ternak, angka, warna , dan bentuk2. Sesuaikan permainan untuk anak usia sekolah untuk mencakup anatomi, bahasa asing, dan sejarah2.

  6. Buat Rundown Acara dengan Teratur: Susunan acara gathering harus diatur dengan rapi, dan memperhatikan waktu dengan baik1.

  7. Memberikan Anak Buku Pelajaran yang Berisi Gambar-Gambar Menarik: Anda dapat membuat proses belajar menjadi menyenangkan dengan cara memberikan anak buku pelajaran yang berisi gambar-gambar menarik3.

  8. Menunjukkan Acara Televisi dan Video yang Mengedukasi: Anda dapat menunjukkan acara televisi dan video yang mengedukasi3.

  9. Mendemonstrasikan Cara Melakukan Hal-Hal Baru: Anda dapat mendemonstrasikan cara melakukan hal-hal baru, atau menggunakan material yang belum pernah digunakan oleh anak sebelumnya3.

  10. Tingkatkan Daya Imajinasi Anak dengan Membiarkannya Membuat Lukisan Mural atau Kolase: Anda dapat meningkatkan daya imajinasi anak dengan membiarkannya membuat lukisan mural atau kolase3.

Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam mengadakan acara yang sukses! 😊



Tidak ada komentar: